6 Kunci Sukses Cara Melatih Bayi Tengkurap Lebih Cepat

6 Kunci Sukses Cara Melatih Bayi Tengkurap Lebih Cepat

Sebelum bisa merangkak, bayi harus melewati tahapan yang disebut dengan tengkurap. Bagi mereka hal tersebut tidaklah mudah dan butuh usaha keras. Jadi, tidak perlu khawatir kalau bayi Anda belum secepat yang lain karena perkembangan tiap bayi itu berbeda-beda. Tetapi cobalah terapkan  beberapa cara melatih bayi tengkurap berikut ini agar cepat bisa.

6 Cara Melatih Bayi Tengkurap dengan Benar

 

  1. Perkuat Otot Leher Bayi

Salah satu kunci sukses agar bayi cepat tengkurap adalah melatih otot lehernya. Sebab otot leher yang kuat dapat menahan bayi lebih lama dalam posisi tengkurap dan tidak membuatnya cepat lelah. Caranya adalah dengan membaringkan bayi di atas dada Anda selama beberapa menit. Agar lebih mudah, maka praktekan pada saat memberinya ASI.

  1. Gunakan Bantal untuk Menopang Tubuh Bayi

Penggunaan bantal dapat dikatakan sebagai pancingan. Coba letakkan bantal di samping bayi. Nantinya, dia akan mencoba mendekat dan berguling ke arah bantal tersebut dengan sendirinya. Saat hal tersebut terjadi, maka cobalah pegang bagian kaki si kecil. Tujuannya adalah untuk mempermudah saat dia mulai membalikkan posisi tubuhnya.

  1. Baringkan Bayi di Karpet Empuk atau Kasur Lantai

Tempat yang nyaman akan membuat latihan tengkurap lebih mudah. Oleh karena itu, baringkan bayi di lantai dengan alas karpet empuk atau kasur khusus lantai. Pancinglah dengan meletakkan mainan kesukaannya dengan jarak sekitar 60 cm dari posisi bayi. Secara alamiah, bayi akan mencoba meraih mainan tersebut dengan berusaha tengkurap sebelum akhirnya merangkak.

  1. Gunakan Perut Anda sebagai Penopang Tubuh Bayi

Selain bagian dada, Anda juga bisa menengkurapkan bayi di atas perut. Lakukan latihan setiap hari cukup selama beberapa menit saja. Tujuan utamanya adalah membiasakan si kecil untuk merasakan posisi tengkurap. Dengan melakukannya secara rutin, otot leher bayi juga akan lebih kuat sehingga lebih siap saat mulai tengkurap di tempat datar.

  1. Letakkan Cermin Besar di Depan Bayi

Apa hubungannya cermin dengan latihan tengkurap? Ada hubungannya dan ternyata cukup penting. Cara ini dilakukan dengan memanfaatkan rasa ingin tahu bayi yang masih tinggi. Anda cukup meletakkan cermin di depan bayi dengan jarak tertentu. Nantinya bayi akan tertarik saat melihat bayangannya sendiri sehingga ingin mencoba mendekat. Sama halnya ketika Anda meletakkan mainan kesukaannya.

  1. Beri Semangat selama Latihan

Cara ini tampak sederhana namun memiliki dampak yang besar bagi bayi. sebab, dia merasakan kehadiran orang-orang terdekat di sekitarnya sehingga memberikan dorongan tersendiri untuk berlatih. Usahakan selalu libatkan Anda dalam setiap latihan si kecil. Berikan semangat dengan tepuk tangan, kata-kata yang positif dan kontak mata. Walaupun bayi belum sepenuhnya mengerti tapi energi yang dipancarkan akan membantunya.

Proses bayi agar bisa tengkurap dengan sempurna tidaklah singkat. Beberapa dari mereka bahkan ada yang membutuhkan waktu lebih lama. Oleh sebab itu, Anda sebagai orang tua harus bersabar dan tetap lemah lembut saat membantunya berlatih. Jangan sekali-kali untuk memaksakan si kecil karena hal tersebut tidak masuk dalam daftar cara melatih bayi tengkurap di sumber manapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *